Telkomsel Raup Rp 600 M dari NSP

| | Rabu, 08 Desember 2010
|

Jakarta, Tribun - Operator seluler PT Telkomsel meraup keuntungan sekitar Rp 600 miliar dari bisnis layanan konten musik digital.
Menurut Vice President Digital Music and Content Management Telkomsel, Krish Pribadi, pendapatan terbesar konten digital Telkomsel masih didominasi layanan nada dering pribadi.
Menurut Krish, layanan konten digital Telkomsel, antara lain RBT, fulltrack yang dapat diunduh (download) secara langsung melalui ponsel, dan langit musik video.
"Kontribusi RBT masih yang terbesar, mencapai 95 persen, selebihnya konten musik video, download musik full track," katanya.
Dari total pelanggan Telkomsel yang berjumlah sekira 96 juta orang, menurut dia, yang aktif berlangganan RBT sebanyak sekitar 7 juta pelanggan.
"Untuk pengunduh aktif musik fulltrack berbayar terdapat sekitar 50 ribu hingga 60 ribu pelanggan. Dan sebanyak 100 ribu pengakses yang gratis untuk skala terbatas," ujarnya.
Menurut dia, Telkomsel tetap berkomitmen mengembangkan konten musik digital karena nilai bisnisnya menguntungkan dan bisnis ini juga mendukung industri musik dalam negeri.
"Saat ini perputaran uang pada industri musik masih sangat minim, atau hanya Rp 1,2 triliun per tahun. Itupun baru dari hasil penjualan CD secara resmi," katanya.(ba)

Layanan CariTau
Menurut Vice President Digital Music and Content Management Telkomsel, Krish Pribadi, layanan konten musik digital melalui fitur-fitur layanan operator telekomunikasi seperti Telkomsel, memberi solusi menekan musik bajakan. Di antara inovasi baru Telkomsel yang dapat mendorong industri musik itu adalah layanan "CariTau".
CariTau merupakan layanan deteksi lagu untuk mengidentifikasi lagu yang sedang didengar dan menginformasikan judul lagu serta artisnya kepada pelanggan. Dengan layanan CariTau, itu, katanya, pelanggan bisa sekaligus mengunduh lagu tersebut langsung dari ponsel.
Ketika pengguna mendengarkan lagu, pelanggan cukup menghubungi 9090, lalu mengikuti petunjuk yang disampaikan. Setelah mendengar nada beep, maka pengguna dapat mendekatkan ponsel ke speaker suara lagu yang dituju selama 10 detik.
Layanan CariTau dapat dinikmati dengan ponsel apa saja, dengan biaya Rp 1.500 per minggu dengan biaya panggilan untuk mendeteksi lagu melalui 9090 sebesar Rp 500 per 30 detik. Jika tidak berlangganan, maka pelanggan Telkomsel dikenankan Rp 1.000 ketika menerima SMS hasil deteksi lagu di CariTau. Telkomsel menargetkan pendapatan dari layanan "CariTau" akan mencapai Rp 2 miliar per bulan.

0 komentar:

Posting Komentar

Komentar anda membangun blog ini...

 

My Playlist

Search Song

Masukan Nama Penyanyi - Judul Lagu