Lady GaGa dan Taylor Swift: Billboard's Artist of the Year

| | Jumat, 10 Desember 2010
|
















Dari 'hanya menjadi pendatang baru yang menghebohkan jagad musik pop, kini Lady GaGa memboyong gelar Artist of the Year. Dianugerahi penghargaan Rising Star pada Billboard's Women in Music Awards tahun 2009 lalu, serta dijuluki Top New Artist akhir tahun ini, penyanyi kontroversial itu kini membuat gebrakan dari "baru" ke "teratas" hanya dalam waktu setahun.

Semenjak Chris Brown menyabet kedua gelar itu tahun 2006 lalu, baru Lady GaGa-lah satu-satunya artis yang membuat gebrakan kilat seperti itu. Jejaknya sama-lah dengan sesama penyanyi, Whitney Houston, yang digelari Top New Artist tahun 1985 lampau, untuk kemudian tahun berikutnya beralih ke Artist of the Year.

Penghormatan itu diterima GaGa akibat kesuksesan luar biasa dua albumnya, The Fame dan The Fame Monster. Kedua album itu dengan kokohnya bertengger di 5 Terbesat tangga lagu mingguan Billboard Hot 200. Ditambah lagi, pada daftar album akhir tahun lalu, kedua albumnya itu menempati tangga ke-4 dan 13. Selain itu, ada empat single-nya yang muncul di tangga lagu Hot 100 Songs, dengan Bad Romance memimpin di nomor 8.

Tepat di bawah GaGa, sebagai runner-up Artist of the Year, ya siapa lagi kalau bukan si cantik dari musik country, Taylor Swift. Artis multitalenta itu memiliki dua album, Fearless dan Speak Now, yang nangkring di Top 10 daftar akhir tahun Billboard 200. Album rilisan 2009-nya yang laris manis itu (Fearless) menempati posisi 7, sementara Speak Now aman berada di posisi ke-9.

Sekarang GaGa bukan lagi Top New Artist, karena gelar itu diberikan Billboard pada Ke$ha. Nomor dansanya, Tik Tok, yang sembilan minggu bercokol di nomor pertama tangga lagu mingguan Hot 100, digelari Song of the Year, memimpin daftar akhir tahun Hot 100 Songs.

Selamat GaGa. Dan inilah daftar Top Artist 2010 selengkapnya:

1. Lady GaGa
2. Taylor Swift
3. Eminem
4. Lady Antebellum
5. Ke$ha
6. Usher
7. Black Eyed Peas
8. Justin Bieber
9. Rihanna
10. Drake

0 komentar:

Posting Komentar

Komentar anda membangun blog ini...

 

My Playlist

Search Song

Masukan Nama Penyanyi - Judul Lagu