Nokia X3-02, Ponsel Musik Mungil yang Mendukung Layanan Broadband

| | Rabu, 05 Januari 2011
|

Nokia X3-02,  Ponsel Musik Mungil yang Mendukung Layanan Broadband

JAKARTA--Tak perlu memiliki smartphone untuk bisa menikmati ponsel layar sentuh. Nokia X3-02, contohnya. Ponsel mungil dengan label type and touch ini sebenarnya bekerja dengan S40. Namun, uniknya, S40 telah mendukung sistem layar sentuh (sederhana).

Cukup dengan sentuhan lembut, pengguna bisa membuka aplikasi yang ada di menu, hingga  mengoperasikan kamera. Untuk mengirim pesan singkat atau imel, bisa menggunakan papan ketik alfanumerik. Ponsel mungil ini cukup nyaman untuk komunikasi, sharing informasi melalui jejaring sosial, termasuk sharing foto.

Kenyamanan mengakses internet atau jejaring sosial tercermin dari dukungan pada teknologi HSDPA. Artinya, bila opertor memang menyediakan layanan berbasis HSDPA (3,5 G), pengguna bisa menikmati layanan broadband tersebut menggunakan ponsel ini. Baik melakukan akses langsung dari ponsel atau menggunakan ponsel sebagai modem.

Kenyamanan semakin dirasakan, karena bekerjasama dengan operator seluler, Nokia menyediakan paket data plan. Baik layanan harian, mingguan, atau bulanan. Paket bisa digunakan untuk chatting, imel, hingga download konten melalui Ovi Store.

Untuk memudahkan penggunanya mengaktifkan fitur favorit, pada desktop terdapat berbagai aplikasi yang bisa diakses secara langsung seperti kontak--yang bisa dilengkapi dengan foto dan tampil di layar hingga empat kontak, akses ke facebook dan twitter, push mail, chatting menggunakan ovi dan ovi store. Anda bisa mengubah, menambah atau mengurangi tampilan yang ada di desktop sesuai dengan kebutuhan.

Pada papan ketik, terdapat dua tombol yang bisa digunakan untuk mengakses pesan singkat dan chatting dan satu tombol lagi untuk mengaktifkan fitur musik. Untuk menyalakan, mematikan atau berpindah lagu, Anda bisa menggunakan layar sentuh. Musik menjadi salah satu fitur utama ponsel ini. Tak mengherankan jika di papan ketik ada tombol khusus musik. Sekadar mengingatkan, X adalah seri ponsel musik.

Bagaimana dengan kualitas musiknya? Untuk kategori ponsel mid-low, X3-02 memiliki kelebihan dibandingkan dengan ponsel sekelasnya. Spiker terintegrasi pada ponsel ini bisa mendeliver suara treeble yang jernih atau suara bas yang memikat. Widening stereonya juga memadai untuk ukuran ponsel dibawah Rp 2 juta.

Suara musik akan semakin jernih dan enak didengar bila kita menggunakan headset berkualitas baik. Headset yang ada dalam paket penjualan cukup memadai untuk mendengarkan musik atau radio FM. Disarankan untuk menggunakan headset untuk mendengarkan musik di ponsel ini. X3-02 memiliki port audio jack 3.5 milimeter.

Ponsel mungil ini memiliki kamera 5 mega piksel fix focus. Kamera ini setara dengan kamera yang dibenamkan pada X3 atau E5. Untuk memudahkan pengambilan gambar dan pengolahan gambar, terdapat aplikasi pengolah foto (dasar) yang bisa dioperasikan dengan menggunakan sentuhan. Tombol pengambilan gambar juga menggunakan layar sentuh.

Sekalipun tidak dilengkapi dengan flash, kualitas kameranya cukup baik. Untuk pengambilan gambar atau video dengan cahaya yang cukup, hasilnya bagus dan memuaskan. Hasil bidikan akan dikelompokan dalam album foto berdasarkan tanggal pengambilan gambar. Ponsel ini juga menyediakan aplikasi self timer.

Tertarik? Ada bisa membeli paket bundling dengan XL yang menyediakan berbagai benefit menarik, atau membeli paket non bundling di outlet resmi Nokia. Harga ponsel ini sekitar Rp 1,8 juta. Saat ini tersedia warna pink dan biru.

Spesifikasi Nokia X3-02

Jaringan

    * 2G Network GSM 850 / 900 / 1800 / 1900
    * 3G Network HSDPA 850 / 900 / 1900 / 2100

Ukuran

    * Dimensions 106.2 x 48.4 x 9.6 mm, 45.2 cc
    * Weight 78 g


Display dan memori

    * Type TFT resistive touchscreen, 256K colors
    * Size 240 x 320 pixels, 2.4 inches
    * Alert types Vibration, MP3 ringtones
    * Speakerphone
    * 3.5 mm audio jack
    * Dedicated music key
    * Card slot microSD, up to 16GB

Data
    * GPRS Class 10 (4+1/3+2 slots), 32 – 48 kbps
    * EDGE Class 10, 236.8 kbps
    * 3G HSDPA, HSUPA
    * WLAN Wi-Fi 802.11 b/g/n
    * Bluetooth v2.1 with A2DP
    * USB v2.0 microUSB

Kamera

    * Primary 5 MP, 2592 x 1944 pixels
  
Fitur

    * Messaging SMS, MMS, Email, IM
    * Browser WAP 2.0/xHTML, HTML
    * Radio Stereo FM radio with RDS
    * Games Yes + downloadable
    * Colors White Silver, Dark Metal, Petrol Blue, Pink, Lilac
    * Java Yes, MIDP 2.1
    * Windows Live Messenger, Yahoo Messenger, Gtalk
    * Facebook, Twitter
    * MP4/H.263 player
    * MP3/WAV/eAAC+ player
    * Organizer
    * Voice memo

Baterai
    * Standard battery, Li-Ion (BL-4S)
    * Stand-by Up to 408 h (2G) / Up to 408 h (3G)
    * Talk time Up to 5 h 20 min (2G) / Up to 3 h 30 min (3G)

0 komentar:

Posting Komentar

Komentar anda membangun blog ini...

 

My Playlist

Search Song

Masukan Nama Penyanyi - Judul Lagu