Garmin Asus A10 Pamer Keahlian GPS

| | Rabu, 05 Januari 2011
|


example2  
Garmin dikenal sebagai sebuah merk perangkat GPS terkemuka. Kini keahliannya dalam menyediakan layanan navigasi di jalan, coba disediakan pada ponsel. Untuk mewujudkannya, Garmin bekerjasama dengan Asus membuat ponsel berfasilitas navigasi GPS handal, yang dinamakan Garmin Asus A10.

Sebenarnya juga ada Garmin Asus A50 yang diluncurkan hampir berbarengan. Garmin Asus A50 dan A10 sama-sama mengadopsi  Android 2.1 (Eclair). Perbedaan keduanya : A50 berlayar 3,5 inci, sedangkan A10 3,2 inci. A10 dibekali RAM 512MB dan kamera 5 Mpix, sementara A50 memiliki RAM 256MB dan kamera 3,2 MPix. Dan A10 dijual seharga Rp3.799.000, sedangakn A50 dibandrol Rp 3.499.000. Tapi A10 dan A50 menggunakan prosesor yang serupa, yaitu Qualcomm 7227 600MHz.

Bodi A10 cukup tebal. Sisi belakang dan sekeliling samping berbahan plastik kesat.  Sedangkan bagian depan dilapisi bahan glossy yang berpenampilan cermin. Layar luas ditemani 3 tombol touchpad dibawahnya (tombol: back, home dan menu). Di sisi kanan terdapat slot memori eksternal microSD, tapi posisinya di balik casing belakang. Di bodi atas terdapat lubang jack 3,5 mm dan tombol power. Sedangakn di kiri disematkan port MicroUSB  untuk kabel data dan charger.

Layar sentuh A10 berdaya TFT 256 ribu warna, 320 x 480 pixels, 3,2 inchi. Tampilan layar terlihat cukup tajam. Layar sentuh ini berjenis kapasitif, yang dilengkapi dengan Homescreen yang bisa ditambahkan hingga 9 Homescreen. Untuk ganti Homescreen cukup usap layar ke kanan/kiri. Homescreen bisa diisikan dengan widgets, shotcuts dan folder. Bisa juga melihat semua Homescreen di satu layar, caranya sentuh tombol Home. Untuk masuk ke menu utama, tinggal usap tombol tanda panah ke atas yang ada di bawah layar.




Slot MicroSD yang ada di balik casing belakang sedikit merepotkan, karena harus melepas casing baru bisa memasang atau mencopot kartu MicroSD. Slot ini mendukung hingga kapasitas 16 GB. Memori internalnya sendiri berkapasitas 3 GB. Untuk port MicroUSB dijadikan jalan masuk untuk kabel data dan sekaligus charger. Saat dikoneksikan ke PC via kabel data, muncul pilihan : File Transfer (Pictures/Photo, Video, Music, Document) dan Garmin Asus PC Sync (Contact & Calender).

Peta Digital

Android sudah menyediakan Google Maps. Tapi Garmin tetap ingin menunjukkan keahlian navigasinya. Makanya juga disiapkan peta digital sendiri (Navteq Maps). Saat masuk ke peta langsung didapatkan titik lokasi berada, ada info detilnya (koordinat, alamat terdekat, perempatan terdekat, layanan darurat : rumah sakit, pos polisi, pom bensin, bengkel).  Titik lokasi ini bisa disimpan atau di-share via email/SMS. Tampilan peta bisa Autoroatete dan di-Zoom In/Out dengan pinch (cubit) layar, atau via tombol sentuh Zoom. Ada juga fitur Search Near (Poin of Interest, Cities, Travel guide, Saved Location, recently found). Peta digital bisa dlihat secara 2D dan 3D, dan bisa menyesuaikan waktu, kalau malam petanya berlatar belakang gelap dan sebaliknya kalau siang.


Peta digital bawaan Garmin disertai fitur navigasi tambahan. Seperti ‘Where To?’ untuk bernavigasi secara real time di jalan. Ketika fitur ini dibuka ada beberapa pilihan lokasi tujuan navigasi. Seperti  Point Of Interest (restoran, pom bensin, rumah sakit, Bank, dll), Home (lokasi awal), Saved Location, Recently Found, Address, Cities, Coordinates, Intersections, Extras, Travel Guide, dan Phone Number. Juga ada fitur Garmin Voice Studio, untuk membuat petunjuk jalan berupa suara (voice navigation) dengan rekaman suara sendiri.  Untuk Google Maps dilengkapi fitur Latitude (semacam sosial networking), Navigation (petu juk jalan) dan Places (point of interest)



Selain GPS dan peta digital, juga disediakan fitur traveling lainnya. Seperti Flight Status untuk mengetahui info pesawat (nama dan no.pesawat, lokasi tujuan&keberangkatan, jadwal keberangkatan dan kedatangan, dan lainnya). Namun sebelumnya harus menentukan bandara mana yang ingin dicari info pesawatnya. Ada juga fitur Weather yang bisa menginformasikan kondisi cuaca secara real time di suatu wilayah, berikut dengan keterangan derajat suhu, Heat Index dan Wind. Weather mampu menginformasik kondisi cuaca dalam 6 hari.



Akses internet di A10 bisa hingga kecepatan HSDPA (max 7,2 Mbps). Browser bawaan Android bisa membuka beberapa situs sekaligus (multitasking). Browser dilengkapi Favorite, History dan Most Visited. Tampilan situs bisa di-Zoom In/Out dengan cara pinch (cubit) layar, atau double tap (ketuk layar 2 kali). Saat sudah Zoom In, tampilan situs bisa digeser ke bagian manapun menggunakan jari. Untuk akses email, disediakan Gmail, tapi memungkinkan akun email lain yang support POP3/IMAP4.


Tidak lupa disediakan Facebook dan Twitter yang sudah berupa aplikasi khusus Android. Salah satu kelebihannya bisa sinkronisasi foto dan status Friends di Facebook/Twitter dengan Contact yang ada di A10. Jadi bisa akses Friends di Facebook/Twitter dari Contact. Bisa juga melakukan View On Maps dan Go! dari teman yang ada di Contact. Untuk chatting disediakan Gtalk, tapi bisa instal aplikasi chatting lainnya, tinggal download dari Android Market.

Kamera

A10 membawa kamera 5 megapiksel. Di dalamnya hanya dilengkapi Color Effect, Lighting Adjustman, Autofocus dan Digital Zoom. Photo editor hanya Rotate dan Crop. Tapi  kamera menyediakan fasilitas yang berhubungan dengan navigasi. Seperti Geotagging/ View On Map (mengetahui lokasi pemotretan) dan Go (melakukan navigasi di peta digital dari lokasi foto). Kamera juga bisa merekam video berresokusi maksimal  320 x 240 piksel dengan format MP4 atau 3GPP. Foto bisa di-Zoom dengan pinch atau double tap.


Hiburan

Fitur hiburan yang disediakan terbilang standar, seperti Music Player yang hanya dilengkapi Album Art, Shuffle dan Repeat. Tapi suara yang keluar dari speaker di bodi belakang terdengar nyaring dan jernih. Ada juga Video Player, ditambah You Tube  dan Vringo untuk mengakses video secara  online. Untuk game memang tidak disediakan, tapi bisa mendownload dari Android Market.


Aplikasi Telkomsel

A10 dijual bundle dengan Telkomsel. Selain menyertakan kartu perdana Simpati, A10 juga dibekali beberapa fitur Telkomsel. Seperti App Zone untuk download berbagai aplikasi dan game. Ada juga
Dunia Games berisis berbagai jenis game (single, multiplayer, 3D games) yang bisa didownload. Fitur lainnya yaitu Langit Music (download lagu legal), MyPulau (jejaring sosial) dan Dunia Chat (pertemanan, chatting, opera mini, appzone, edukasi). Lalu ada layanan Broadband (Flash) untuk berlangganan internet  : unlimited harian, Blackberry, Nokia Messaging, Internetan Rp 0.3/kb dan Opera Mini.  Juga ada link Telkomsel.com dan Plasa.com.

0 komentar:

Posting Komentar

Komentar anda membangun blog ini...

 

My Playlist

Search Song

Masukan Nama Penyanyi - Judul Lagu