SEMARANG (KR) - Di samping bisnis inti seperti layanan voice dan SMS, beberapa operator seluler kini tengah membidik bisnis baru seperti mobile music & contents, mobile banking, mobile broadband, dan mobile advertising. Beberapa operator yang terus menjajaki layanan bisnis baru itu di antaranya PT Telkomsel Tbk. Di Telkomsel, layanan kategori mobile music dikenal dengan Langit Music. General Manager Mobile Music & Content Appliances PT Telkomsel Tbk Roosman Koeshendarto saat menerima kunjungan Komunitas Wartawan Telkomsel (KWAT) Jateng-DIY, Jumat (10/12) mengatakan, tingkat persaingan usaha dalam bisnis inti kini semakin rendah karena revenue yang dihasilkan dari layanan SMS dan voice sangat rendah. Untuk itu, bisnis baru kini dilirik sebagai tempat yang menghasilkan revenue baru. "Revenue kini tidak hanya dikontribusi dari layanan SMS dan voice tapi sekarang dari bisnis baru," katanya. Ia menargetkan, new business untuk kategori mobile music & content bisa menghasilkan revenue sekitar Rp 2,5 miliar pada tahun ini. Sementara, realisasi hingga pertengahan tahun ini sekitar Rp 1,85 miliar. "Dari angka realisasi itu, jumlah pelanggan yang telah mengakses layanan mobile music & content sekitar 25 juta orang dari total pelanggan Telkomsel secara nasional sekitar 95 juta orang," papar Roesman. Ditambahkan, pihaknya meyakini angka pelanggan itu dapat terus bertambah seiring tingginya minat pelanggan sendiri terhadap layanan inovatif mobile music & content yang ditawarkan. Contohnya, hingga sekarang layanan Nada Sambung Pribadi (NSP) untuk lagu Keong Racun sangat diminati pelanggan. "Jadi dalam new business itu, tidak tergantung dari bagus tidaknya content yang kita tawarkan. Namun, lebih pada animo masyarakat yang terjadi saat ini," ungkap Roesman Koeshendarto. |
Telkomsel Kembangkan Bisnis Baru
Diposting oleh Juan Patrick Napitupulu | | Senin, 13 Desember 2010di 17.54 | Label: music
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar
Komentar anda membangun blog ini...